ESRB Labeli Elder Scrolls Online dengan Rating MatureRockville – Pengembang game Bethesda Softworks merasa tidak setuju dengan pelabelan yang diberikan ESRB kepada game karya mereka, Elder Scrolls Online. Seperti dilansir dari Gamespot (Rabu, 22/1/2014), Elder Scrolls Online telah menyelesaikan proses sertifikasi dari ESRB, dan mendapat rating “M” untuk “Mature”. Sesuai dengan namanya, rating Mature berarti dewasa, dengan konten-konten berbau kekerasan, bahasa yang kasar, dan seksual.

Pihak Bethesda menuliskan pendapatnya pada akun Twitter mereka, mengatakan bahwa mereka tidak setuju dengan rating tersebut, namun demikian pihaknya tidka berniat untuk naik banding ataupun mengganti konten game agar lepas dari rating Mature tersebut.

Seperti diketahui, di negara-negara maju yang industrinya sudah berkembang, pemberian rating terhadap sebuah game berdampak pada seluas apa pasar yang dapat dijangkau oleh game tersebut. Rating Mature adalah salah satu yang mengancam pengembang game untuk memasarkan game buatannya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)