Cartridge Super Langka NES Dilelang di eBay San Jose – Sebuah cartridge game kuno super langka dari konsol Nintendo Entertainment System (NES) sedang dilelang di eBay. Seperti dilansir dari Gamespot (Jum’at, 24/1/2014), cartridge berlabel “Nintendo World Championships” tersebut hanya dibuat 116 copy di seluruh dunia. Saat berita ini ditulis, lelang telah mencapai nilai $ 5.500, atau senilai dengan Rp. 66 juta.

Kendati bernilai luarbiasa, terdapat cacat pada cartridge tersebut, yaitu stiker/label yag tertempel di bagian depan telah sobek. Namun demikian, sang pemilik/penjual mengklaim bahwa cartridge tersebut masih berfungsi normal dan bisa dimainkan.
Dia menambahkan bahwa nilai cartridge tersebut masih bisa naik di masa yang akan datang, terutama jika telah ada yang berhasil membongkar dan mengecek nomor serinya. Pemiliknya tidak berani melakukannya karena memang tidak memiliki kapabilitas untuk itu. Adapun pada tahun 2011 lalu, cartridge serupa namun dengan kondisi lebih baik (game berjalan normal, label tidak sobek) terjual di eBay dengan harga $ 11.000, atau senilai dengan Rp. 132 juta.

Nintendo World Championships berisi versi singkat, versi lomba game Super Mario, Tetris, dan Rad Racer. Cartridge edisi spesial itu diberikan kepada peserta kompetisi game international tahun 1990 yang telah mencapai babak semifinal. Dalam kompetisi tersebut, peserta diharuskan untuk memainkan 3 jenis game berbeda dan mengumpulkan skor sebanyak mungkin dalam waktu 6 menit. (Rani Soraya – www.harianindo.com)