jgn lama2 ntar aq grad lo RT @Billy_Crows: @/Octi_JKT48 Tungguin aja kak tar bakalan ada banyak kejutan,Sorry kalau aku nelat, tungguin yah San Diego – Sony Online Entertainment (selanjutnya disebut SOE), divisi Sony yang bekerja di bidang pengembangan game online, mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan 4 game massively-multiplayer-online (MMO) mereka. Seperfti dilansir dari Gamespot (Sabtu, 25/1/2014), 4 game tersebut antara lain Free Realms, Wizardy Online, Vanguard: Saga of Heroes, dan Star Wars: Clone Wars Adventures.

Direktur komunikasi global dari SOE, Michael Cagle, mengatakan bahwa perusahaannya selalu melakukan evaluasi terhadap perkembangan dari game-game mereka, yang bertujuan tidak hanya untuk kemajuan perusahaan tetapi juga agar pihaknya dapat terus memenuhi kebutuhan player akan game yang berkualitas. Ditutupnya 4 game tersebut merupakan keputusan berat yang harus mereka lakukan agar dapat lebih fokus pada hal yang berbeda demi kepentingan perusahaan dan juga para konsumennya. Free Realms dan Star Wars: Clone Wars Adventures akan ditutup pada 31 Maret 2014, sementara Wizardy Online dan Vanguard: Saga of Heroes akan ditutup pada 31 Juli 2014.

SOE juga mengumumkan bahwa seluruh akun player yang menjadi member akan di-upgrade untuk masuk ke dalam program All Access, dimana program ini akan memberikan akses eksklusif untuk game EverQuest II, DC Universe Online untuk PC, PlanetSide 2 untuk PC, Vanguard: Saga of Heroes (sampai masa penutupannya), EverQuest Next, dan EverQuest Landmark. Program membership All Access akan dihargai mulai $ 14, 99, atau senilai Rp. 180 ribu. Program itu akan mulai diluncurkan pada 2 April 2014. (Rani Soraya – www.harianindo.com)