Nissan Mengakui Keampuhan Media SosialJakarta – Saat ini kekuatan akan media sosial, secara perlahan diakui oleh produsen yang memiliki ruang gerak di lingkup apapun. Salah satu yang baru merasakan kepercayaan akan sosial media adalah Nissan. Perusahaan mobil yang memiliki markas di Yokohama, Jepang ini kini sadar media sosial sangat efektif untuk mengembangkan produk-produknya di masa depan.

Seperti yang dikutip dari autocar, Jumta (31/1/2014), Kepala Motorsport Nissan, Jerry Hardcastle mengungkapkan bahwa media sosial banyak memberikan kelebihan terkait ide-ide baru untuk desain dari produk-produk Nissan.

Hardcastle juga menyatakan bahwa media social dapat diakses oleh siapapun yang ada di seluruh dunia sehingga dapat dijadikan sebagai alat penelitian juga pengembangan akan model Nissan di masa depan. Bahkan feedback langsung dari diperoleh Nissan dari para konsumennya.

Walaupun demikian, memang akan ada banyak pro kontra terkait cara ini. Namun pada saat peluncuran Juke R yang diupload Nissan di YouTube, pabrikan mobil asal Jepang ini sangat mengaku terkejut dengan reaksi publik.

Dengan adanya Juke R ini maka memungkinkan pihak Nissan untuk lebih memahami serta menghargai dan yang lebih penting adalah dapat dengan cepat mengumpulkan umpan balik atas peluncuran Juke R ini.

Sehingga dengan feedback ini maka dapat diketahui apa reaksi masyarakat seluruh dunia, maka dapat segera ditindaklanjuti dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang memiliki kondisi terbak. Diakui memang sebelum media social ini berkembang seperti saat ini, tentunya feedback tidak dengan mudah didapatkan oleh Nissan.

Tidak hanya Nissan Juke R saja, karena pihak Nissan juga telah menampilkan BEI Freeflow, BEI Nismo dan mobil konsep Bladeglider untuk mendapatkan reaksi dari para pecinta Nissan. Dengan kata lain untuk saat ini Nissan mengikuti suara konsumen melalui media social sebagai media pengembangan pemasarannya.(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)