Bapak Playstation Dapatkan Lifetime Achievement dalam Ajang GDCSan Francisco – Mantan CEO dari Sony Computer Entertainment sekaligus “bapak” dari Playstation, Ken Kutaragi, akan menerima Lifetime Achievement dalam ajang Game Developers Choice Awards (GDC). Seperti dilansir dari Gamespot (Sabtu, 1/2/2014), penghargaan tersebut akan diserahkan oleh Mark Cerny, director dan pimpinan tim untuk game buatan Sony, Knack.

General manager untuk GDC, Meggan Scavio, mengatakan bahwa pihaknya merasa terhormat dengan kehadiran Kutaragi di event tersebut. Kutaragi dianggap sebagai visioner sejati yang membawa industri game menuju era baru.

Kutaragi memiliki deretan prestasi di berbagai bidang dalam pengembangan konsol game. Mulai dari pembuatan sound chip SPC700 untuk Super NES sampai penciptaan Sony Playstation. Kutaragi menjadi CEO Sony sampai era Playstation 3, yang kemudian digantikan oleh Kaz Hirai pada 2006. Pada tahun 2007, Kutaragi masuk ke dalam Honorary Chairman dari SCE dan menjadi CEO pada AI Entertainment Inc.

Penerima Lifetime Achievement dipilih oleh advisory committee, sebuah komite yang anggotanya terdiri dari tokoh-tokoh veteran di dalam industri game.

Ajang penyerahan penghargaan GDC 2014 akan diadakan di Moscone Convention Center, San Francisco pada 19 Maret mendatang. (Rani Soraya – www.harianindo.com)