Canon Dapatkan Hak Paten untuk Lensa 11-24mm f/4 Ultra-Wide-AngleTokyo – Mungkin ini bisa jadi berita gembira bagi pengguna kamera Canon full-frame DSLR (seperti EOS 5D Mark II atau III), karena tampaknya tidak lama lagi Canon akan mengeluarkan lensa baru yang sangat menarik dan layak untuk dimiliki. Seperti dilansir dari Digital Trends (Senin, 3/2/2014), Canon baru saja mematenkan lensa baru 11-24mm f/4 full frame.

Lensa tersebut akan memberikan pengguna kamera full-frame Canon ultra-wide-angle alias pandangan atau sudut untuk mengambil gambar yang sangat luas, sangat cocok untuk mengambil gambar pemandangan lansekap. Sejauh ini lensa yang sudah dikeluarkan Canon yang mendekati spesifikasi tersebut adalah EF 8-15m f/4L Fisheye USM, tapi lensa tersebut akan memberi efek “distorsi”, karena memang ditujukan untuk member efek fisheye, sehingga menghilangkan kesan natural dalam foto.

Sebenarnya hak paten untuk lensa ini sudah didapatkan Canon sejak 2012, tapi baru tersebar umum pada 20 Januari 2014. Tapi seperti yang sudah lalu, hak paten tidak memberikan garansi bahwa produk tersebut akan diproduksi masal. Namun jika memang tertarik, mulailah menabung dari sekarang, karena yang pasti lensa “11-24mm f/4 full frame” tidak akan dijual dengan harga murah. (Choirul Anam – www.harianindo.com)