Flappy Bird Hasilkan $ 50.000 Per HariHanoi – Sebuah judul game terbaru Android dan iO, Flappy Bird, telah “booming” baru-baru ini. Dengan kepopulerannya, game tersebut mampu menghasilkan pendapatan yang luarbiasa. Seperti dilansir dari Phonearena (Rabu, 5/2/2014), Flappy Bird dilaporkan memperoleh kurang lebih $ 50.000 perhari dari pendapatan iklannya.

Game unik dan simpel yang dibuat oleh seorang Vietnam bernama Dong Nguyen, sebagai proyek part-time dalam kurang lebih 3, dan diterbitkan oleh GEARS Studio, sebuah studio pengembang game independen asal Vietnam, telah di-download 50 juta kali dan menduduki peringkat tinggi pada daftar aplikasi terlaris.

Nguyen mengungkapkan bahwa dirinya sebenarnya benar-benar beruntung. Sebuah statistik menyebutkan bahwa saat ini, kemungkinan sukses dan meledaknya game smartphone, yang jumlah judul dan jenisnya kian banyak, sebenarnya sangat kecil. Namun nyatanya, Flappy Bird mampu menepis hal itu.

Flappy Bird, dikembangkan dengan inspirasi stage Super Mario Bros, dengan sistem fisika-gravitasi stage dalam airnya, dan karakter utama burung yang mirip Cheep Cheep, seekor ikan terbang. Skor yang ter-publish secara online inilah yang konon membuat orang-orang berlomba-lomba mencetak nilai tertinggi dan dipamerkan ke rekan-rekan mereka.

Nguyen mengatakan dalam sebuah interview bahwa dirinya merasa Flappy Bird telah mencapai sebuah keadaan dimana penambahan, perbaikan, atau update apapun dalam game tersebut justru akan “merusaknya”. Dia sempat berpikir untuk membuat update berbayar untuk menyingkirkan display iklan-iklan yang muncul di interface Flappy Bird, namun mengurungkan niat tersebut. Dia juga merasa beruntung telah menemukan keseimbangan antara unsur “fun” dengan unsur kesulitan game tersebut. Dirinya mulai berpikir untuk mengembangkan game berikutnya.

Seperti diketahui, mayoritas player menganggap sangat sulit mencetak angka tinggi dalam Flappy Bird, namun entah bagaimana game ini membuat pemainnya seakan ketagihan untuk terus mencoba. (Rani Soraya – www.harianindo.com)