Maliq & d'Essentials Merangkap Tugas Sutradara di Video Klip TerbaruJakarta – Baru-baru ini Maliq & d’Essentials telah mengeluarkan video klip terbaru mereka yang berjudul “Dunia Sekitar”, lagu tersebut merupakan single ketiga dari album “Sriwedari” yang dirilis pada Mei 2013 tahun lalu. Dalam video klip tersebut Maliq & d’Essentials membuat sebuah gebrakan baru dengan menjadi sutradara sendiri.

Konsep pembuatan video klip “Dunia Sekitar” bisa dibilang cukup unik. Personel Maliq & d’Essentials merekam video dengan metode one take hanya di satu tempat yang berputar-putar dan naik turun. Setting dari video klip diambil di markas mereka sendiri di bilangan Bintaro. Maliq & d’Essentials menjadikan keseluruhan bangunan berlantai empat itu sebagai lokasi syuting, yang membuat unik adalah setiap lantai diberikan nuansa yang berbeda dan personel Maliq & d’Essentials pun harus bergegas naik turun lantai dan berganti kostum tanpa terlihat kamera. Karena jika tertangkap kamera, maka syuting diulangi lagi dari awal.

Dalam sebuah kesempatan wawancara (Senin, 10/2/2014), Angga Puradiredja, vokalis Maliq & d’Essentials, mengungkapkan bahwa proses syuting selesai dalam satu hari saja, tapi proses perencanaannya yang memakan waktu hingga dua mingguan. Apalagi ini merupakan kali pertama mereka membuat konsep dan “direct” sendiri video klip jadi kesannya memang sedikit merepotkan.

Angga melanjutkan bahwa “Dunia Sekitar” adalah lagu yang bercerita tentang cinta, tapi lebih cinta ke lingkungan, yaitu orang-orang yang terdekat. Oleh karena itu klip “Dunia Sekitar” dibuat sedemikian rupa untuk menggambarkan hal tersebut. Bukan kesempurnaan yang mereka cari dari video klip ini, mereka malah lebih ingin menangkap kesalahan-kesalahan yang terjadi saat syuting agar lebih berkesan natural. (Choirul Anwar – www.harianindo.com)