Game Terbaru Call of Duty Dikembangkan Terutama untuk Next-GenCalifornia – CEO dari Activision Publishing, Eric Hirshberg, mengatakan bahwa game-game terbaru Call of Duty yang akan datang dikembangkan terutama untuk konsol next-gen. Seperti dilansir dari Polygon (Senin, 10/2/2014), dia mengatakan bahwa konsol next-gen-lah yang menjadi perhatian pertama mereka untuk mengembangkan game Call of Duty. Studio yang sempat mengembangkan Call of Duty: Modern Warfare 3, Sledgehammer Games akan bekerja dengan target utama konsol next-gen, yang akan dirilis sekitar tahun ini.

Hirshberg mengatakan bahwa dalam tahun transisi ini, banyak yang mengharapkan adanya game yang bisa dimainkan dengan lintas generasi, namun kenyataannya, hal tersebut menyulitkan pengembang karena mengembangkan game untuk konsol terbaru saja sudah cukup rumit, apalagi harus mem-“back port”-nya ke konsol yang lebih lama. Oleh karena itu, pihaknya masih memandang konsol terbaru sebagai target utamanya.

Pernyataan tersebut sebenarnya masih samar. Hal tersebut dikarenakan pihak Activision sendiri belum secara pasti mengkonfirmasi bahwa next-gen terbaru yang mereka maksud adalah PS4, Xbox One, dan Wii U, atau hanya PS4 dan Xbox One saja.
Hirshberg mengerti bahwa saat ini masih banyak gamer yang memainkan konsol lama (PS3 dan Xbox 360), dan pihaknya juga berniat memberikan yang terbaik untuk mereka. Dia mengatakan bahwa game Call of Duty untuk konsol lama tetap akan ada, namun tidak menjadi prioritas. Selain itu, game tersebut tentu saja merupakan versi “inferior” dari versi yang dirilis di konsol terbaru. (Rani Soraya – www.harianindo.com)