Konser Amal dari Gitaris Handal : “Dari Gitaris untuk Indonesia”Jakarta – Konser amal yang diprakarsai oleh komunitas gitaris, “Dari Gitaris untuk Indonesia”, digelar untuk menggalang donasi yang ditujukan untuk para korban bencana alam di seluruh penjuru Nusantara seperti korban banjir di Jakarta dan letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Total sejumlah 47 gitaris kenamaan Indonesia akan menghelat konser amal yang bertajuk sama dengan nama komunitas mereka, “Dari Gitaris untuk Idonesia”, pada Rabu (12/2/2014) nanti malam di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat.
Nama-nama gitaris yang akan tampil di antaranya adalah Dewa Budjana, Ian Antono, Aria Baron, Pay, Eross Chandra, Piyu, Tohpati, John Paul Ivan, Toto Tewel, Mus Mujiono, Jubing Kristianto, Donny Suhendra, Adrian Adioetomo, Denny Chasmala, Eet Sjahranie, Beng Beng PAS Band, Jikun dan Ovy /rif, Gugun GBS, Kin Aulia The Fly, Irfan Samsons, Taraz Bistara TRIAD, Endah N Rhesa, dan masih banyak lagi.

Dewa Budjana menuturkan dalam sebuah kesempatan wawancara (Selasa, 11/2/2014) jika pada konser nanti malam akan dibentuk 13 formasi penampil, setiap formasi akan terdiri dari enam sampai tujuh gitaris yang akan memainkan gubahan lagu secara instrumental ataupun dengan bantuan vokal. Karena jadwal konser yang hanya sampai jam 11 malam, maka penampil dibagi jadi 13 formasi itu saja.

Budjana rencananya akan tampil bersama Denny Suhendra dan Tohpati memainkan tembang tradisional Jawa. Sementara itu Ian Antono bersama Toto Tewel dan Eet Sjahranie akan membawakan secara instrumental lagu rock klasik berjudul “Kepada Perang” milik Tommy Marie.

Gitaris band Gigi tersebut mengungkapkan bahwa ide awal dari konser amal kali ini berawal dari sekedar obrolan para gitaris yang merasa peduli terhadap rentetan bencana alam yang terjadi akhir-akhir di berbagai wilayah di Indonesia. Ide itu kemudian dapat terealisasi, inisiatif Budjana yang ingin mengadakan konser amal direspon cepat para gitaris di komunitas tersebut.

Menurut Budjana mengumpulkan para gitaris bukanlah perkara sulit. Karena sebelumnya, gitaris-gitaris Tanah Air ini juga telah bekerja sama menggalang dana lewat konser amal serupa untuk para korban banjir Wasior, letusan gunung Merapi, dan tsunami Mentawai sekitar empat tahun lalu.

Konser amal bertajuk “Dari Gitaris untuk Indonesia” ini bekerjasama dengan Grup Kompas Gramedia sebagai fasilitator, sejauh ini mereka telah berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp.100 juta yang terkumpul dari donator yang juga menjadi undangan untuk acara nanti malam tersebut. (Choirul Anam – www.harianindo.com)