Radiohead Rilis “PolyFauna” : Aplikasi untuk Android dan iOSOxford – Radiohead memang sudah tidak asing dengan memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media menuangkan kreativitas mereka dengan menggugah karya musik hingga visual.

Seperti dilansir dari Gigwise (Rabu, 12/2/2014), band yang bergenre musik alternative-rock ini kembali menjamah ranah virtual dengan merilis aplikasi yang diberi nama “PolyFauna”. Aplikasi ini memungkinkan fans untuk menikmati sajian visual dari musik Radiohead lewat cara yang berbeda melalui gadget iOS ataupun ponsel dan tablet Android.
Thom Yorke, vokalis Radiohead, berujar jika ide awal untuk membuat aplikasi ini didapat saat menggarap album “The King of Limbs” pada tahun 2011. Lalu mereka akhirnya bekerja sama dengan salah satu studio desain digital di Inggris, Universal Everything, dimana Thom Yorke menyebutnya sebagai “kolaborasi eksperimental.”

Yorke melanjutkan bahwa aplikasi “PolyFauna” menggunakan perumpamaan visual dan suara dari salah satu lagu mereka di album “The King of Limbs” yang berjudul “Bloom”. Ia mengungkapkan bahwa desain karakter dan alam di dalam “PolyFauna” merupakan gambaran akan ketertarikan dalam bereksperimen di era digital dan imajinasi akan mahkluk-mahkluk dari alam bawah sadar mereka.

Namun sebenarnya aplikasi digital seperti yang dikeluarkan oleh Radiohead ini bukanlah terobosan baru dalam dunia musik, karena aplikasi seperti “PolyFauna” mengingatkan kita pada proyek Biophilia dari Bjork yang menggambarkan secara visual lagu-lagunya, video interaktif Arcade Fire pada “Reflektor”, atau DreamTheater360 yang berupa aplikasi motion-sensitive yang juga baru dirilis oleh Dream Theater. Bagi yang berminat, aplikasi “PolyFauna” dapat diunduh secara gratis melalui situs Radiohead.com. (Choirul Anam – www.harianindo.com)