Warna Hijau di Halaman Facebook Nokia – Pertanda Android?Espoo – sebagaimana diketahui secara umum, warna tema utama operating system Android adalah hijau, sementara warna tema utama Nokia adalah Biru. Namun yang ditemukan baru-baru ini, halaman Facebook dari Nokia berganti dari biru menjadi hijau.

Seperti dilansir dari Phonearena (Kamis, 13/2/2014), hal serupa dapat dilihat dari undangan yang disebarkan Nokia pada khalayak pers untuk sesi mereka di Mobile World Congress (MWC), undangan tersebut berwarna hijau. Event MWC tersebut akan diadakan tanggal 24 Februari 2014 mendatang. Kebetulan? Mungkin tidak. Sebagaimana pemberitaan yang beredar beberapa waktu yang lalu, Nokia mulai bersiap untuk meluncurkan secara resmi produk smartphone ber-OS Android pertama mereka, yang diberi nama Nokia X A110, atau Normandy.

Dikatakan bahwa perusahaan telekomunikasi asal Finlandia itu akan melabeli Nokia X/Normandy dengan harga sekitar $ 110, atau senilai dengan Rp 1,3 juta. Harga tersebut tergolong sangat rendah untuk smartphone. Namun perlu diingat bahwa smartphone tersebut masuk kategori “entry-level 1”, artinya produk dan perusahaan pembuatnya merupakan pendatang baru yang belum memiliki pengalaman untuk masuk ke pasar yang mereka targetkan. Dalam hal ini, Nokia belum berpengalaman dengan Android.

Nokia X/Normandy akan memiliki layar WVGA 4-inchi, RAM sebesar 512MB, prosesor Snapdragon dual-core, internal memory sebesar 4GB yang dapatdiperbesar, serta fitur dual SIM card.

Mengapa Microsoft mengijinkan Nokia untuk meluncurkan smartphone Android? Hal tersebut dikarenakan Nokia X/Normandy tidak akan memberikan akses menuju Google Play dan beberapa layanan Google lainnya. Nokia ini akan menjalankan Android KitKat yang sudah dimodifikasi. (Rani Soraya – www.harianindo.com)