Barack Obama Dijadwalkan Bertemu Dalai Lama Washington – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dijadwalkan bertemu dengan pemimpin spiritual Tibet, Dalai lama, pada hari Jumat ini. Seperti dilansir dari BBC (Jumat, 21/2/2014), pertemuan ini akan mengambil tempat di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat. Pertemuan kedua tokoh penting ini dipercaya akan memicu ketegangan dengan China.

Keduanya pernah bertemu pada 2011 silam. Kala itu keduanya membicarakan soal China yang akan merusak hubungan Sino-AS.

Caitlin Hayden selaku juru bicara Dewan Keamann Nasional AS mengatakan Obama akan menemui Dalai Lama dalam kapasitasnya sebagai pemuka agama dan budaya yang telah diakui secara internasional. Bukan sebagai bentu dukungan atas merdekanya Tibet dari China. Pihak Amerika hanya prihatin dengan situasi hak asasi manusia yang memburuk disana.

Pemerintah China menganggap Dalai Lama adalah tokok separatis. Pemimpin agama Budha tersebut dianggap mendalangi serangkaian aksi bakar diri para biarawan dan biarawati yang bertujuan memprotes pendudukan China di Tibet. Dalai Lama pun memilih untuk mengasingkan diri ke India. (Choirul Anam – www.harianindo.com)