Cortana, Tandingan Siri dari Microsoft Washington – Salah satu fitur utama yang akan diaplikasikan pada Windows Phone 8.1 adalah sebuah personal digital assistant yang diberi code name Cortana. Seperti dilansir dari CNET (Selasa, 4/3/2014), Cortana, merupakan sebuah program artificial intelligent yang dibuat untuk membantu user dalam navigasinya di Windows Phone 8.1. aplikasi serupa pernah dikembangkan oleh Apple di iOS, yang diberi nama Siri. Nama yang mungkin tidak asing lagi bagi pemilik maupun pemerhati smartphone.

Mirip dengan Siri, Cortana mampu merespon/menjawab pertanyaan user dengan bahasa yang sangat realistis, seakan berbicara dengan orang sungguhan. Nama Cortana sendiri diambil dari karakter game andalan Microsoft, yaitu Halo. Dalam game tersebut, Cortana juga merupakan personal digital assistant yang membantu tokoh utama dalam misi-misinya. Cortana digambarkan berwujud sebuah hologram berbentuk perempuan cantik berwarna biru. Sosok Cortana dalam game tersebut digambarkan begitu cerdas, mampu berpikir layaknya manusia, dan mulai mengembangkan perasaan terhadap tokoh utama. Sebuah dramatisasi untuk membuat jalan cerita semakin menarik.

Adapun Microsoft juga merancang Cortana untuk mampu beradaptasi, belajar, dan berkembang. Software atau aplikasi ini akan ditawarkan secara opsional, tidak wajib dimiliki, untuk Windows Phone 8.1. untuk mengaksesnya, user harus masuk/sign-in menggunakan Microsoft Account. Setelah masuk, memecet tombol search dari Bing akan otomatis memunculkan Cortana sebagai search engine default.

Sebagai awalan, Cortana akan menanyai nickname atau nama user, aktivitas di waktu luang yang disukai, gaya berinteraksi, dan sebagainya. Tugas-tugas sederhana lain yang bisa dilakuakn Cortana adalah menjadi alarm, dengan memintanya untuk membangunkan pada pukul sekian misalnya.

Cortana merupakan sebuah langkah untuk merubah sistem Windows Phone, Windows, dan Xbox One di amsa depan. Adapun petinggi Microsoft sebenanrnya telah merencanakan pembuatan teknologi personal assistant seperti ini sejak 201 lalu. (Rani Soraya – www.harianindo.com)