Singapura Masuk Urutan Teratas Dalam Daftar “10 Kota Termahal di Dunia”New York – Posisi Tokyo sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia akhirnya tergeser, tahun ini Tokyo ada di urutan keenam, sedangkan urutan teratas kota termahal saat ini dihuni oleh kota lain di Asia, Singapura. Seperti dilansir dari Business Insider (Rabu, 5/3/2014), Singapura menjadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia berdasarkan data yang dikeluarkan oleh “Economist Intelligence Unit”.

Walaupun turun ke urutan enam, Tokyo tetap menjadi kota dengan biaya termahal untuk urusan makan sehari-hari, sedangkan kota-kota di Eropa seperti Kopenhagen, Zurich, Oslo dan Paris menjadi tempat termahal untuk urusan rekreasi dan hiburan.

Penilaian kota termahal yang dilakukan “Economist Intelligence Unit” ini berdasarkan dari beberapa aspek seperti inflasi, biaya transportasi, biaya makan, biaya utilitas dalam kota dan banyaknya tempat belanja mewah. Selain itu survey juga mengkalkulasi biaya hidup berdasarkan harga-harga 160 produk dan jasa yang tersedia di kota tersebut, seperti makanan, pakaian, harga sewa (rumah, mobil dan lain-lain), dan transportasi.

Berikut ini daftar nama kota yang masuk dalam “10 Kota Termahal di Dunia” (*Tokyo, Melbourne, Geneva dan Caracas di urutan keenam karena memiliki poin yang sama) :
10. Kopenhagen
6. Tokyo
6. Melbourne
6. Geneva
6. Caracas
5. Sidney
4. Zurich
3. Oslo
2. Paris
1. Singapura

(Choirul Anam – www.harianindo.com)