Pesawat Nato Awasi Perbatasan UkrainaBrussels – Nato telah menerbangkan beberapa pesawat pengintai di wilayah Poladia dan Rumania, dengan misi untuk mengawasi perbatasan Ukraina. Seperti dilansir dari BBC (Senin, 10/3/2014), pesawat-pesawat tersebut diberi ijin terbang pada Senin (9/3) kemarin, sebagaimana yang diutarakan juru bicara Nato kepada pers. Juru bicara tersebut mengatakan bahwa semua pesawat pengintai Awacs (Airborbne Warning and Control System) hanya akan terbang di wilayah negara aliansi.

Adapun langkah ini dilakukan setelah Rusia semakin mengukuhkan kontrolnya terhadap wilayah Crimea, menuju voting referendum yang akan dilakukan oleh Pemerintah Crimea, untuk memilih antara memihak Uni Eropa atau Rusia, yang oleh oleh negara-negara barat dianggap sebuah langkah yang ilegal. Perkembangan terbaru mengatakan bahwa terjadi pergerakan yang dilakukan oleh sekelompok bersenjata, terdiri dari tentara rusia dan kelompok militan pro-Rusia, yang kemudian berhasil menguasai rumah sakit militer di Crimea.

Sebagaimana diketahui, selama ini Crimea tidak memiliki kekuatan militer sendiri, dan mendapat dukungan militer dari Ukraina, sehingga fasilitas yang diambil tersebut tentu milik Ukraina. Kelompok penyerang ini menyerbu rumah sakit di sekitar wilayah ibukota Simferopol, mengancam staf dan sekitar 30 pasien. Aksi lain yang dilakukan pasukan pro-Rusia adalah memblokade tentara Ukraina yang akan menuju Crimea. Mosco secara resmi membantah adanya keterlibatan pasukan Rusia dalam blokade trsebut. Mereka menyebutkan bahwa yang melakukan blokade tersebut adalah tentara tanpa tanda/simbol apa-apa, dan mengaku sebagai pasukan pertahanan diri Crimea.

Nato mengatakan bahwa pengawasan terhadap perbatasan Ukraina dan Crimea ini dapat meningkatkan kesadaran situasional dari negara-negara aliansi Nato, sehingga segala macam perkembangan yang terjadi di sana bisa cepat dilaporkan dan direspon. Pengumuman ini dilakukan beberapa jam setelah aksi pengambilalihan rumah sakit militer itu terjadi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)