Hasil Liga Europa : Tendangan Bebas Andrea Pirlo Bawa Juventus ke Perempat FinalFlorence – Satu tiket menuju perempat final Liga Europa akhirnya menjadi hak milik Juventus usai menuntaskan perlawanan Fiorentina dengan skor tipis 1-0 pada leg kedua yang dilangsungkan Jumat (21/3) dinihari WIB tadi di Artemio Franchi, markas Fiorentina. Seperti dilansir dari Sky Sports (Kamis, 20/3/2014), hasil dari leg kedua babak 16 besar ini memastikan skuat asuhan Antonio Conte melaju ke perempat final setelah unggul agregat dengan skor 2-1 atas La Viola.

Gol tunggal Juventus dalam laga dinihari tadi diciptakan oleh Andrea Pirlo. Seperti saat menundukkan Genoa di ajang Serie A pada akhir pekan lalu, Pirlo kembali menjadi pencetak gol semata wayang untuk Si Nyonya Tua melalui eksekusi tendangan bebas yang sudah menjadi ciri khas pemain berkebangsaan Italia ini. Neto yang mengawal gawang Fiorentina tidak mampu mengantisipasi eksekusi tersebut. Proses tendangan bebas tersebut diawali oleh pelanggaran yang dilakukan Gonzalo Rodriguez, yang diganjar dengan kartu kuning kedua akibat menjatuhkan Fernando Llorente sedikit di luar kotak terlarang. Juve pun memimpin dengan skor agregat 2-1.

Sejatinya permainan kedua tim sejak awal laga cukup berimbang dengan saling jual-beli serangan. Namun selepas gol dari Pirlo, upaya Fiorentina untuk mengejar ketinggalan sedikit mengalami kesulitan karena perbedaan jumlah personel. La Viola bahkan hampir tertinggal makin jauh kalau tidak ada aksi gemilang dari Neto yang mementahkan usaha Llorente dan Vidal. Pada akhirnya Bianconeri yang berhak lolos ke babak perempat final, setelah sukses mempertahankan keunggulan tipis 1-0 (agregat 2-1). (Choirul Anam – www.harianindo.com)