Spesifikasi Honda NM4 Vultus, Bertema Japanimation, Harga Belum JelasTokyo – Honda akan segera merilis produk motor terbaru dengan tampilan futuristik. Seperti dilansir dari Digital Trends (Jumat, 21/3/2014), motor yang tampak seperti concept bike, atau bahkan seperti tunggangan Batman ini benar-benar akan meluncur ke showroom Honda, paling tidak demikian yang mereka katakan.

Menurut Honda, Vultus di desain dengan inspirasi dari anime dan manga, atau animasi kartun dan komik, asal jepang, yang secara umum bisa disebut dengan tema Japanimation. Seperti diketahui, anime dan manga jepang tersebut banyak mempertontonkan desain-desain teknologi fiksi seperti robot dan sejenisnya. Menurut pengamat, Vultus—diambil dari bahasa Latindari “wajah” atau “ekspresi”, berbentuk seperti tabrakan dari pesawat F117 Stealth Fighter dan tunggangan Batman. Penampilan Vultus memang akan terlihat aneh di mata para penggemar motor konvensional. Namun rider generasi masa kini tentu tidak sependapat, penampilan Vultus yang diperlihatkan serba hitam tentu sangat gahar. Posisi stir dan jok yang diatur sedemikian rupa juga jelas membedakan Vultus dari retro-cafe atau scooter.

Meski mirip, Vultus sama sekali bukan motor listrik. Motor ini masuk ke dalam barisan NC dan CTX. Dan layaknya motor di barisan produk tersebut, Vultus ditenagai oleh mesin Honda yang ramah, liquid-cooled P-twin, dan berukuran 745cc. Mesin yang mampu menghasilkan 54 horsepower dan torque sebesar 50 pound-feet. Mungkin tidak terlihat “wah”, namun paling tidak mampu memuaskan rider-rider pemula sampai kepada rider berpengalaman yang tak ingin menggunakan motor bertenaga 200 horsepower untuk berkendara sehari-hari.

Vultus juga dilengkapi dengan transmisi enam percepatan dual-cluth automatic. Ketika sempat dicoba tahun lalu, pengamat motor mengatakan bahwa transmisi otomatis milik Vultus sangat khas Honda; berfungsi sangat baik, kuat, mudah dioperasikan, intinya telah dipoles dengan sangat baik.

Motor ini juga dihiasi dengan panel-panel LCD pada dashboard-nya. Adapun tachometer menunjukkan batas maksimal 6000 rpm, yang bisa dikatakan rendah, dikarenakan desainnya yang “torque-enhancing long stoke”, atau mesin yang memiliki jarak transmisi yang panjang, dan membangun torsi yang lebih besar.

Untuk keamanan, dipasanglah rem cakram di depan dan belakang yang akan berfitur ABS.

Adapun Honda sendiri belum mengumumkan kapan tanggal pasti perilisan dan berapa harga yang akan mereka tawarkan untuk Vultus. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)