Korea Utara Wajibkan Mahasiswa Memilki Potongan Rambut Kim Jong UnPyongyang – Korea Utara selama ini selalu menetapkan aturan ketat yang secara menakjubkan membuat seluruh penduduknya patuh tanpa mengajukan keberatan. Tak terkecuali dalam hal potongan rambut. Seperti dilansir dari Time (26/3/2014), sudah lama Korea Utara memiliki daftar model potongan rambut mana saja yang diperbolehkan. Selain model yang diperbolehkan, setiap pria dilarang untuk menggunakannya. Namun kini ada peraturan baru yang cukup unik. Setiap mahasiswa perguruan tinggi harus menggunakan potongan rambut yang sama dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Sebenarnya aturan ini sudah diberlakukan dua pekan yang lalu. Namun baru-baru ini saja diterapkan diseluruh pelosok negeri dan beritanya menjadi heboh hingga keluar negeri. Menurut sumber seorang warga negara Korea Utara yang kini tinggal di China, style rambut yang dimilki Kim Jong Un sebenarnya sangat tidak populer di Korut. Potongan rambut itu bahkan memiliki sebutan “gaya rambut penyelundup China”, karena memang identik dengan yang dipakai oleh penyelundup dari China.

Penerapan aturan ini belum jelas apa tujuannya. Namun beberapa pihak menyangka langkah ini diambil untuk meningkatkan kedisiplinan dan rasa cinta kepada pemimpin terutama untuk mahasiswa. Peraturan model rambut seperti ini diketahui hanya berlaku bagi kaum lelaki sementara wanita bebas menggunakan gaya rambut apa saja asal tidak mencolok. (Choirul Anam – www.harianindo.com)