Penanganan Kasus Pesawat MH370 Dianggap Buruk, China Boikot MalaysiaBeijing – Penanganan yang terkesan buruk dari Pemerintah Malaysia terhadap insiden hilangnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 semakin menyulut kemarahan keluarga korban dari China. Tidak berhenti di sana, kemarahan yang begitu besar ini juga menjalar sampai ke seluruh masyarakat di China. Dan sebagai bentuk ketidakpuasan ini, warga China memutuskan untuk memboikot Malaysia.

Berbagai cara dilakukan warga China untuk memboikot Malaysia. Yang paling ramai adalah agen perjalanan China yang melarang penjualan seluruh tiket pesawat tujuan Malaysia. Salah satu agen perjalanan yang turut melakukan boikot, Elong, mengatakan bahwa pihaknya boikot ini akan terus dilakukan sampai Malaysia Airlines dan Pemerintah Malaysia bertindak transparan mengenai setiap informasi dan perkembangan terkait MH370. Masyarakat China merasa berhak melakukan boikot ini, merasa pantas untuk marah, karena mayoritas penumpang yang turut hilang bersama pesawat MH370 merupakan warga negara China, tepatnya berjumlah 153 orang dari total 239 orang.

Tak hanya pemerintah yang menjadi target amarah, seorang penyanyi ternama asal Malaysia keturunan China juga terkena imbasnya. Penyanyi tersebut juga menjadi korban ancaman dari warga China. Dirinya yang tengah hamil ini mendapat ancaman yang dilayangkan lewat sosial media. Bahkan tak sedikit warga China yang mengutuk anak yang berada dalam kandungannya tersebut. Sebuah pelampiasan amarah yang salah arah.

Seperti dilansir dari Manila Times (Sabtu, 29/3/2014), terdapat pula seorang pengusaha perempuan asal China yang melontarkan kekesalannya terhadap Pemerintah Malaysia. Dia mengatakan bahwa kinerja Malaysia sungguh memalukan, dan sebaiknya Malaysia menghilang dari Bumi. Seorang presenter televisi ternama China, Meng Fei, menuliskan lewat akun Twitter pribadinya, bahwa dirinya tidak pernah pergi ke Malaysia, dan tidak berencana pergi ke sana dalam waktu dekat. Aktris terkenal asal China, Zhang Ziyi, juga mengatakan bahwa Malaysia telah salah karena tidak menghormati nyawa korban dan tidak membeberkan kebenaran kepada dunia. Beberapa selebriti China juga melontarkan komentar yang kurang lebih sama, memboikot berbagai hal berbau Malaysia.

Kritik-kritik pedas terus menerus menghujani Malaysia menyusul kinerja mereka yang terlalu lambat. Terdapat pula tuduhan bahwa Malaysia berusaha menutup-nutupi informasi dan fakta mengenai MH370. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)