Microsoft Munculkan Kembali Tombol ‘Start’ dalam Windows 8.1San Fransisco – Microsoft telah resmi mengumumkan akan menghadirkan kembali tombol ‘Start’ yang sempat dihilangkan pada OS Windows 8. Sebuah video demo yang dipertontonkan dalam gelaran Microsoft Build 2014 memperlihatkan beberapa fitur baru dalam update OS Windows 8.1 yang ternyata juga memperlihatkan jika akan dimunculkan kembali tombol ‘Start’.

Seperti dilansir dari Ubergizmo (Rabu, 3/4/2014), sebelumnya ketika OS Windows 8 pertama kali diperkenalkan, banyak pengguna setia yang kecewa karena Microsoft menghilangkan tombol ‘Start’ yang biasanya ada di pojok kiri bawah layar. Hilangnya tombol ‘Start’ dianggap banyak pengguna agak menyulitkan proses navigasi dalam mengoperasikan computer.

Menanggapi keluhan tersebut, Microsoft benar-benar mengabulkannya dengan memunculkan kembali tombol ‘Start’ dalam update OS Windows 8.1. Jo Belfiore selaku Vice President and Manager Windows Phone Program Management, terlihat memeragakan OS Windows 8.1 dengan tombol ‘Start’ dalam event Microsoft Build yang digelar Selasa (1/4) lalu.

Namun, Microsoft tetap menyediakan laman muka Metro seperti biasanya. Tampilan Metro dihususkan bagi pengguna perangkat layar sentuh, sedangkan versi desktop dengan tombol ‘Start’ akan special hanya ada untuk pengguna yang menggunakan melalui PC. Sayangnya belum diungkapkan oleh Microsoft kapan tanggal pastinya update terkait tombol ‘Start’ tersebut dirilis ke pasaran. (Choirul Anam – www.harianindo.com)