LaFerrari XX, Supercar Khusus Sirkuit Maranello – Sedikit berbicara sejarah, setelah menghentak dunia dengan mobil terkuatnya, Enzo, Ferrari menciptakan monster jalanan yang dinamai dengan FXX. Produk hypercar tersebut ilegal digunakan di jalanan normal, sehingga mobil yang hanya diproduksi 30 unit ini hanya bisa digunakan di sirkuit balap, sebagai hiburan atau ajang “refreshing” para pemiliknya yang tentu berdompet luarbiasa tebal.

Seperti dilansir dari Digital Trends (Jumat, 18/4/2014), Ferrari kembali membuat mobil terkuat yang mereka namai LeFerrari, sebuah supercar-hypercar hybrid. Dan meski belum lama meluncur di jalanan, hal tersebut tidak menghentikan Ferrari untuk mengerjakan sebuah versi terbaru hypercar tersebut yang lebih berorientasi kepada track sirkuit.

Diberitakan bahwa LaFerrari XX telah dites di sirkuit Nurburgring. Dan menurut Motor Authority, XX berhasil melahap lap dalam waktu 6 menit 35 detik. Dan jika berita tersebut benar, maka waktu tersebut melampaui capaian Porsche 918 Spyder yaitu 6 menit 57 detik.

LaFerrari versi terdahulu memiliki mesin V12 6,3 liter dengan dua motor listrik. Kombinasi kedua dapur pacu tersebut menghasilkan 950 horsepower. apakah versi XX akan lebih besar? nampaknya tidak. Ferrari tidak lagi berfokus pada penambahan power, karena angka 950 hp tersebut dianggap sudah cukup “wah”. Pabrikan Italia tersebut dikabarkan memberikan XX sebuah sistem suspensi khusus balap dan paket aerodinamis yang lebih agresif, lebih canggih, berorientasi balap. Mereka juga melakukan pengurangan bobot.

LaFerrari versi lama telah diproduksi sebanyak 499 unit. Melihat keeksklusifan dari laFerrari XX, maka kemungkinan supercar ini tidak akan diproduksi lebih banyak dari itu. Adapun Ferrari akan memperkenalkan mobil ini secara resmi pada ajang Geneva Motor Show 2015 nanti. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)