Liverpool Ungkap Rencana Renovasi AnfieldLiverpool – Liverpool dikabarkan telah mengumumkan detail terkait proposal rencana untuk merenovasi Anfield dengan memperbesar jumlah kapasitas penonton hingga sekitar 59 ribu kursi dari sebelumnya yang hanya 45 ribu, yang rencananya akan rampung sebelum musim 2016-17 dimulai. Seperti dilansir dari FourFourTwo (Rabu, 23/4/2014), renovasi tersebut akan diprioritaskan pada perluasan areal tribun Main Stand dengan penambahan sejumlah 8.500 tempat duduk. Bagian atap akan disingkirkan untuk menambah tempat duduk sebanyak dua lapis.

Rencananya setelah tribun Main Stand selesai diperluas, tribun Anfield Road juga akan menyusul dengan penambahan 4.800 tempat duduk. Jika proposal renovasi tersebut disetujui, maka jumlah kapasitas Anfield akan bertambah menjadi 59.000. Renovasi akan dimulai pada awal tahun 2015 dan diperkirakan akan selesai sebelum musim 2016-17 mulai bergulir.

Ian Ayre selaku managing director Liverpool mengungkapkan dalam situs resmi klub jika pihak klub saat ini tengah berusaha untuk mendapat izin dari Dewan Kota Liverpool sebelum musim berakhir. Liverpool juga dikabarkan sedang berkonsultasi dengan pihak fans, penduduk lokal, dan pengusaha setempat dalam rangka menyempurnakan rencana tersebut.

Wacana terkait renovasi Anfield ini sejatinya telah muncul sejak 18 bulan yang lalu, namun karena kurangnya dana, pembebasan lahan di sekitar Anfield yang belum rampung dan belum adanya izin dari Dewan Kota Liverpool membuat rencana tersebut harus molor. Saat ini kapasitas Anfield memang tergolong kecil jika dibandingkan Old Trafford milik Manchester United dan Emirates Stadium milik Arsenal. Anfield hanya berkapasitas 45 ribu kursi, sedangkan Old Trafford hampir mencapai 75 ribu kursi dan Emirates Stadium 60 ribu kursi. (Choirul Anam – www.harianindo.com)