Tesla Segera Dirikan Pabrik di TiongkokBeijing – Beberapa waktu lalu pihak produsen mobil listrik Tesla telah mempublikasikan sebuah infomasi yang cukup penting. Dimana berdasarkan komitmennya, produsen mobil listrik yang berasal dari Amerika Serikat (AS) ini dalam kurun waktu tiga hingga empat tahun mendatang akan segera memproduksi mobil listriknya di Tiongkok.

Seperti yang dikutip dari Bloomberg, Jumat (25/4/2014) dalam kunjungannya ke ajang Beijing Motor Show 2014, Chief Executive Officer Tesla Motors, Elon Musk telah memutuskan untuk segera menjual serta merakitnya secara local di Tiongkok.

Diungkapkan oleh Musk bahwa saat ini untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya sedang mempersiapkan dana yang tentunya membutuhkan investasi cukup besar hingga ratusan juta dolar. Ditambah lagi saat ini memang Tesla sedang memperluas jaringan supercharger di beberapa tempat termasuk didalamnya adalah Beijing dan juga Shanghai.

Musk mengakui bahwa Tiongkok nantinya akan penting bagi kelanjutan masa depan Tesla. Oleh karena itu tidak dipungkiri nantinya Tiongkok akan menjadi investasi baik infrastruktur ataupun manufaktur bagi Tesla.

Inautonews melaporkan bahwa sebenarnya langkah Tesla untuk mendirikan sebuah manufaktur di Tiongkok tidak lain memiliki tujuan untuk dapat menghindari akan pajak impor yang mencapai 25 persen. Namun tidak mudah mendirikan pabrik di Tiongkok, akan ada banyak pekerjaan rumah besar bagi Tesla.

Dimana salah satu permasalahannya adalah dengan memproduksi secara lokal, maka tentunya Tesla harus dapat menggandeng sebuah produsen lokal, yang tentunya dapat dijadikan andalan untuk menjual ataupun memproduksi mobil-mobil milik Tesla. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)