Pabrikan Smartphone BLU Masuki Pasar Windows Phone

Penampakan Windows Phone dari BLU.
Foto dari BLU

Florida – Pabrikan smartphone asal Amerika Serikat, BLU, dikenal sebagai pembuat smartphone Android berharga rendah. Stereotipe “murah” tadi mungkin bisa dibilang “miring”. Namun demikian, karena obsesi Microsoft untuk memperluas jangkauan pasar di dunia smartphone, dengan menghadirkan Windows Phone dengan harga terjangkau, maka akhirnya BLU pun memperoleh kesempatan untuk bekerja sama dengan Microsoft.

Seperti dilansir dari Phone Arena (Sabtu, 26/4/2014), pemlihan Microsoft tersebut juga bukan asal-asalan. BLU dipilih menjadi partnernya setelah perusahaan asal Florida tersebut berhasil menjual hingga 10 juta unit smartphone Android-nya. Hasilnya, pada Jumat kemarin (25/4), BLU pun menguploadkan foto produk Windows Phone buatan mereka di halaman Facebook ofisialnya.

Adapun Microsoft telah menghilangkan biaya lisensinya untuk Windows Phone 8.1, dan dalam waktu bersamaan, telah meningkatkan persyaratan minimal hardware-nya kecuali untuk penggunaan prosesor Qualcomm. Microsoft juga telah meluncurkan sebuah portal online, yang berisi semacam penawaran kesempatan bagi siapa saja yang berminat mengembangkan/memproduksi Windows Phone dengan harga yang rendah/terjangkau.

Bila dilihat dari penampilan fisik Windows Phone keluaran BLU ini, desainnya sangat mirip dengan smartphone BLU lainnya, yakni BLU Dash 5.0, yang dapat diperolah melalui Amazon dengan harga $121, atau sekitar Rp 1,4 jutaan. Untuk Dash 5.0 itu sendiri, memiliki layar LCD 5 inchi dengan resolusi 480 x 854, ditenagai dengan prosesor dual-core 1,3 GHz, dan RAM sebesar 512 MB.

Windows Phone dari BLU, yang belum dipublikasikan namanya, mungkin tidak akan memiliki spesifikasi yang sama dengan Dash 5.0. Namun demikian, banyak kalangan berpendapat bahwa produk tersebut bakal menjad pesaing dari Nokia Lumia 520 dan Lumia 1520. (Rani Soraya – www.harianindo.com)