Toyota Kembali Raih Titel Produsen Mobil Laris di DuniaWashington – Pada akhirnya pihak Toyota telah berhasil mempertahankan posisi puncak sebagai sebuah produsen mobil yang terlaris dengan cakupan dunia. Pencapaian tersebut tercapai ketika di kuartal pertama di tahun 2014 ini, produsen yang berasal dari Jepang ini unggul dari produsen mobil Volkswagen AG (VW) dan General Motors (GM).

Seperti yang dikutip dari Reuters, Senin (28/4/2014), pihak Toyota berhasil menjual mobil sekitar 2,58 juta unit dengan cakupan global di kuartal pertama 2014 ini. Tidak dipungkiri memang Toyota berhasil meningkatkan penjualan globalnya sebesar 6,3 persen di periode yang sama jika dibandingkan pada tahun lalu.

Peningkatan ini tidak lain dikarenakan peningkatan penjualan dari pihak Jepang sendiri serta pulihnya penjualan di Tiongkok serta wilayah Eropa. Sedangkan pencapaian dari GM pada kuartal pertama 2014 ini hanya menjual sekitar 2,42 juta unit mobil atau mengalami kenaikan sebesar 2 persen jika dibandingkan pada tahun lalu di periode yang sama.

Untuk produsen VW menjual sekitar 2,40 juta unit mobil atau naik sekitar 5,8 persen jika dibandingkan dengan tahun 2013. Pihak Toyota sendiri angka penjualan tersebut juga diperoleh dari penjualan mobil kecil yang diproduksi oleh Daihatsu Motor Co beserta truk dan juga bus Hino.

Sebagai informasi bahwa pada tahun 2008-2010 Toyota telah berhasil memperoleh predikat mobil terlaris walaupun di tahun 2012 kedudukan Toyota telah digeser oleh GM dikarenakan adanya bencana alam yang terjadi di Jepang dan Thailand sehingga posisinya terperosok ke posisi 3. (Choirul Anam – www.harianindo.com)