Enam Kawasan AS Diterjang TornadoMississippi – Enam Negara bagian dari Amerika Serikat yang diterjang tornado mengakibatkan korban tewas sampai saat ini terus bertambah. Untuk saat ini saja sudah ada sekitar 35 orang korban tewas dan jutaan yang lainnya terkena imbas dari bencana tornado ini.

Seperti yang dikutip dari AFP, Rabu (30/4/2014), wilayah yang terkena dampak tornado paling parah adalah Mississippi, Alabama dan Tennessee, dengan korban tewas sebanyak 17 jiwa. Untuk wilayah Arkansas, Iowa dan Oklahoma yang sejak Minggu (27/4) sudah diterpa tornado menelan korban tewas sebanyak 18 orang.

Berdasarkan perkiraan cuaca, National Weather Service, diprediksi badai tornado ini masih kembali lagi. Dimana wilayah yang paling parah terkena imbas adalah wilayah timur dan selatan Mississippi, barat Alabama dan timur Louisiana.

Selain itu diperkirakan tornado masih memiliki ukuran yang besar seperti bola baseball dengan membawa angin yang bersifat merusak. Para korban yang tewas akibat tornado antara lain adalah John Servati, mahasiswa yang berasal dari University of Alabama., ia berusaha menyelamatkan kekasihnya yang hampir terkena reruntuhan dinding.

Sedangkan waga yang ada di Tupelo, Mississippi berteduh direruntuhan rumahnya, dan ada pula yang mencoba berbagi dengan membagikan makanan dengan Cuma-Cuma untuk warga sekitar yang membutuhkan.

Untuk diketahui bahwa tornado telah menghantam kota Louisville, Mississippi yang disebut oleh badan prakiraan cuaca nasional AS sebagai kategori EF4. Tornado ini memiliki kecepatan 265-320 kilometer per jam dan merupakan tornado terkuat yang selama ini melanda kawasan AS. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)