Longsor di Afghanistan Tewaskan 350 Orang

Foto dari Reuters

Kabul – Bencana alam terus melanda Afghanistan. Setelah sempat terhantam banjir bandang, kini giliran tanah longsor. Seperti dilansir dari BBC (Jumat, 2/5/2014), setidaknya 350 orang terbunuh dan banyak lainnya menghilang dalam tanah longsor yang terjadi di sebelah timur laut Provinsi Badakhshan.

Sekitar 2.000 orang dilaporkan menghilang dalam bencana ini. Sekitar 1.000 rumah warga terkena dampak dan 300 di antaranya tertimbun total oleh tanah dan bebatuan. Hujan luar biasa lebat telah membuat salah satu sisi sebuah gunung di wilayah tersebut longsor membawa turun material lumpur dan bebatuan berat.

Bencana alam ini terjadi pada Jumat pagi (2/5). Pada hari ini, banyak keluarga di Afghanistan yang beristirahat dan bersantai di rumah bersama keluarga. Sehingga akibat longsor ini, banyak keluarga yang tertimbun.

Komandan polisi Badakhshan, Fazludin Ayaz, mengatakan bahwa sebuah desa bernama hargu, dengan sekitar 215 keluarga, telah tertimbun total oleh tanah dan batuan. Meski usaha penyelamatan terus dilakukan, dirinya pesimis mengenai adanya korban selamat, jika melihat banyaknya material yang longsor.

Adapun usaha pencarian dan penyelamatan korban juga terganggu oleh hujan lebat. Tim penyelamat bekerja dengan ancaman longsor lanjutan. Apalagi seperti yang dikatakan oleh Gubernur Badakhshan, Shah Waliullah Adib, tim penyelamat tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang memadai. Mereka hanya menggunakan sekop dan alat seadanya. Adib mengatakan hampir mustahil untuk menemukan dan menyelamatkan seluruh korban.

Badakhshan berada di pinggiran Aghanistan dengan wilayah yang dipenuhi pegunungan. Wilayah ini berbatasan dengan Tajikistan, China, dan Pakistan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)