Hasil La Liga Spanyol : Bungkam Rayo Vallecano 0-3, Athletic Bilbao Kunci Posisi Empat KlasemenMadrid – Athletic Bilbao akhirnya memastikan satu tiket ke Liga Champions musim depan setelah mempermalukan tuan rumah Rayo Vallecano tiga gol tanpa balas di Vallecas, dalam laga dinihari (3/5) tadi WIB. Seperti dilansir dari Sky Sports (Jumat, 2/5/2014), tiga gol kemenangan Bilbao masing-masing dicetak oleh Mikel San Jose, Oscar De Marcos dan Ander Herrera.

Meski bertindak sebagai tamu, Bilbao mampu tampil penuh determinasi dan menguasai jalannya pertandingan. Penyelesaian akhir mereka juga cukup efektif, di akhir babak pertama saja mereka telah unggul 0-2 melalui gol San Jose di menit ke-21 dan De Marcos di menit ke-30.

Memasuki babak kedua, skuat asuhan Ernesto Valverde tak mengurangi dominasi. Tuan rumah mencoba bangkit dengan menyarangkan serangan bertubi-tubi, namun masih belum berbuah manis. Rayo malah makin tertinggal setelah penetrasi spektakuler yang diperlihatkan Ander Herrera di menit ke-73. Bilbao pun memastikan kemenangan 0-3 yang membuat mereka berkesempatak kembali berlaga di Liga Champions musim depan setelah sempat absen selama 16 musim.

Tambahan tiga poin membuat Athletic Bilbao tak terkejar lagi di posisi empat klasemen dengan koleksi 68 poin, saingan terdekat mereka Real Sociedad terpaut 9 poin dengan menyisakan tiga laga sisa. (Choirul Anam – www.harianindo.com)