11 Orang Tewas dalam Insiden Jembatan Runtuh di China

Foto dari Reuters

Guangdong – 11 orang dilaporkan tewas dalam insiden runtuhnya sebuah jembatan di wilayah selatan China. Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 4/5/2014), media setempat melaporkan bahwa jembatan yang runtuh tersebut dibangun secara “ilegal” di Desa Liangkengkou, Kota Gaozhou, Provinsi Guangdong.

Jembatan tersebut diberitakan runtuh pada Sabtu kemarin (3/4). Akibat insiden ini, lima orang meninggal di tempat, sementara enam orang lainnya meninggal di rumah sakit. Terdapat pula dua puluh enam orang yang sempat terjebak di bawah jembatan. Setelah berhasil ditarik keluar, mereka pun langsung dilarikan ke rumah sakit.

Salah seorang korban selamat, Qin Zechu, mengatakan bahwa dirinya sudah merasa lebih baik saat ini. Dia mengatakan pula bahwa meski sadar, dirinya tidak bisa membuka mata sejak terkubur, berhasil diselamatkan, dan sampai tiba di rumah sakit.

Adapun pihak Pemerintah Kota Gaozhou sebenarnya telah berulang kali memerintahkan penghentian proyek pembangunan jembatan tersebut. Namun ternyata, pihak desa tersebut mulai meneruskan pembangunan secara diam-diam pada 1 Mei 2014 lalu. Pembangunan berlangsung sejak Kamis hingga Sabtu, yang kemudian berujung pada runtuhnya jembatan tersebut.

Pihak otoritas telah melakukan investigasi terhadap insiden berujung maut ini. Kontraktor yang bertanggungjawab atas proyek pembangunan jembatan “ilegal” ini dikabarkan telah diamankan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)