Samsung Penjualan Tablet Menurun di Rusia

Foto dari Ubergizmo

Moscow – Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, telah berfokus kepada pengembagan tablet kelas high-end dan mid-end yang populer di pasaran dan update terbarunya selalu diantisipasi. Contoh yang baru-baru ini mereka perlihatkan adalah galaxy NotePro dan Galaxy TabPro, dua seri tablet Android yang menunjukkan bagaimana seriusnya raksasa teknologi ini.

Namun demikian, meski smartphone mereka disambut baik di seluruh pasar di dunia, produk tablet buatan mereka tidak mengalami nasib yang sama, paling tidak di pasar Rusia. Seperti dilansir dari Ubergizmo (Senin, 5/5/2014), berdasarkan penelitian dari MTS, angka penjualan tablet mereka di Rusia menurun hingga 9,5 % di kuarter pertama 2014 ini. Perusahaan itu hanya mampu menjual 282.00 unit tabletnya.

Banyak kalangan menilai bahwa penurunan ini disebabkan karena table keluaran Samsung kalah bersaing dengan produk-produk lokal, yang mampu memproduksi tablet dengan harga yang lebih terjangkau. Produk-produk lokal ini dikatakan juga menyudutkan tablet keluaran Apple.
Menurut MTS, pangsa pasar tablet keluaran Samsung di Rusia menduduki angka 14,7 %, lebih tinggi dari tablet Apple yang menduduki angka 14, 1%. Perbedaan yang sebenarnya relatif tipis. MTS juga menyebutkan bahwa produk ASUS hanya memperoleh 7,3 %.

Adapun versi low-end dari Samsung Galaxy Tab sebenarnya sudah cukup terjangkau. Sehingga muncul pertanyaan tentang seberapa murah produk tablet lokal tersebut, dan apa keunggulan mereka dibandingkan dengan pemain lama macam Samsung, Apple, dan ASUS. (Rani Soraya – www.harianindo.com)