Empat Tentara Ukraina Terbunuh dan Satu Helikopter Ditembak JatuhSloviansk – Empat tentara terbunuh dan satu helikopter militer Ukraina ditembak oleh milisi pro-Rusia di Kota Sloviansk, timur Ukraina. Dan seperti dilansir dari BBC (Senin, 5/5/2014), operasi anti teror militer Ukraina dibalas oleh milisi pro-Rusia dengan persenjataan berat, termasuk mortir.

Adapun dalam pertempuran tersebut, 30 orang tentara juga dikabarkan terluka. Korban juga berjatuhan di pihak milisi pro-Rusia, namun detail mengenainya belum diketahui. Berbicara kepada pers di dekat Kota Sloviansk, Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov, mengatakan bahwa milisi pro-Rusia memulai dahulu serangan ketika mereka bermaksud menyergap tentara Ukraina di sekitar pinggiran Sloviansk pada Senin pagi kemarin (5/5).

Adapun untuk helikopter yang tertembak jatuh, seluruh personil di dalamnya dikabarkan selamat. Hal tersebut dikarenakan helikopter tadi jatuh di sebuah sungai. Ini adalah helikopter ketiga yang berhasil ditembak jatuh oleh milisi pro-Rusia.

Dalam pertempuran di Kota Sloviansk tersebut, pihak milisi pro-Rusia berhasil dipukul mundur menuju ke tengah kota. Tentara Ukraina berhasil mengambil alih pos-pos penjagaan di pinggir kota dan mengepung Kota Sloviansk.

Kontributor BBC yang berhasil memasuki wilayah tengah Kota Sloviansk, mengatakan bahwa pertempuran antara tentara Ukraina dan milisi pro-Rusia telah mereda. Keadaan kota tenang, meski ketegangan dan kewaspadaan tetap terasa.

Adapun Perdana Menteri Sementara Ukraina menuduh bahwa pergerakan milisi pro-Rusia yang semakin taktis ini terjadi karena adanya dukungan dari Rusia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)