Jadwal & Prediksi Roma VS JuventusRoma – Stadio Olimpico akan menjadi arena pertempuran antara dua tim teratas Serie A Italia, yakni AS Roma dan Juventus, dengan Roma berposisi sebagai tuan rumah. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada Minggu, 11 Mei 2014 pukul 22.45 WIB. Dan seperti dilansir dari Football Italia (Minggu, 11/5/2014), meski pengejaran gelar juara di antara keduanya telah terhenti, dengan Juve sebagai juaranya, pertemuan ini tentu masih membawa ketegangan yang cukup tinggi.

Juve mengamankan Scudetto hari Minggu yang lalu, setelah Roma kalah secara mengejutkan 4-1 dari Catania. Dan memang sebenarnya tanpa kekalahan Roma tersebut, poin Juve memang telah tak terkejar.

Meski gagal juara, Roma telah menunjukkan performa yang luarbiasa musim ini. Mereka hanya kalah tiga kali musim ini, memecahkan rekor perolehan poin mereka sendiri, dan hanya perlu dua kemenangan lagi untuk menyamakan jumlah kemenangan Juve musim lalu.

Hasil kerja manajer Rudi Garcia telah meyakinkan bahwa perburuan gelar di musim berikutnya masih akan panas. Adapun hasil ini juga mulai memicu sebuah bentuk rivalitas antara dirinya dengan manajer Juve, Antonio Conte.

Conte sempat berkomentar bahwa Garcia adalah manajer yang “small minded”, atau berpikiran sempit, dan sepakbola Italia tak membutuhkan sosok Garcia. Komentar tersebut muncul setelah Garcia mengatakan bahwa tim-tim kecil Serie A seakan sudah menerima kekalahan bahkan sebelum kick-off, merasa tidak bisa menyentuh Juve. Garcia menganggap bahwa dengan kekuatan Juve yang sekarang, target tim-tim tersebut seakan-akan hanya ‘tidak kalah terlalu banyak jika melawan Juve’.

Ketegangan tersebut berlanjut ketika Garcia menyebutkan bahwa prestasi Roma musim ini seakan setinggi langit. Conte merespon bahwa timnyalah yang juara dan bermain hingga semi final Europa. Conte merasa tersinggung terhadap reaksi publik yang mengatakan bahwa jika Juve meraih Scudetto, atau sukses apapun di Italia, maka itu bukan lagi prestasi, namun hanya sebuah kewajaran.

Dari pihak tuan rumah, Roma tidak akan diperkuat oleh Alessio Romagnoli karena suspensi kartu, serta Kevin Strootman dan Federico Balzaretti karena cedera. Sementara Juve tidak akan diperkuat oleh Arturo Vidal dan Gianluigi Buffon yang juga diistirahatkan.

Pertandingan yang tak menentukan apa-apa secara poin ini tentu akan menjadi perang ego dari masing-masing tim. Bila melihat ketersediaan pemain, Roma memang sedikit dirugikan, namun posisi sebagai tuan rumah juga bisa menjadi kekuatan tersendiri.

Di sisi lain, bila Juve dengan mudah bisa ditaklukkan di kandang lawan, tentu Scudetto tak akan mereka peroleh. Kedua tim sama-sama siap dan berbahaya. Oleh karena itu, wajar bila laga ini diprediksi akan berakhir dengan seri. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)