50 Film Indonesia Akan Diputar di Festival de CannesCannes – Perfilman Indonesia dikabarkan akan kembali berpartisipasi dalam Festival de Cannes 2014 dengan turut serta dalam Marche du Film. Festival de Cannes sendiri merupakan festival film tahunan paling bergengsi di seluruh dunia yang telah mulai diselenggarakan sejak tahun 1946 dan tahun ini memasuki episode ke-67.

Molly Prabawaty selaku Kasubdit Festival dan Eksibisi Film Direktorat Pengembangan Industri Perfilman Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menuturkan sekitar 50 film Indonesia akan ikut dipromosikan dalam ajang Festival de Cannes, yang akan digelar di Cannes, Prancis, mulai 14-23 Mei mendatang. Menurut Molly, Marche du Film merupakan bagian dari Festival de Cannes dimana merupakan pasar dari industry film terbesar yang tiap tahunnya dihadiri tak kurang dari 10 ribu pegiat industry film dari seluruh dunia. Indonesia nantinya akan membuka booth ‘Indonesian Cinema’ di Riviera, salah satu spot dalam Marche du Film, yang akan menjadi ajang untuk mempromosikan film Indonesia.

Beberapa film yang akan diputar adalah ‘Sang Kiai’ besutan Sutradara Terbaik FFI (Festival Film Indonesia) 2013, Raka Prijanto. Selain itu ada film ‘Jalanan’ besutan sutradara Daniel Ziv, yang menjadi Film Dokumenter Terbaik dalam Busan International Film Festival. Serta ’99 Cahaya Langit Eropa’ yang merupakan film yang diangkat dari novel ciptaan Hanum Salsabiela yang dibantu suaminya, Rangga Almahendra. (Choirul Anam – www.harianindo.com)