Kebakaran di California Membuat Ribuan Warga MengungsiCalifornia – Kebakaran hutan yang terjadi di California bagian selatan, membuat ribuan orang terpaksa harus mengungsi. Bahkan dengan adanya kebakaran ini sudah banyak gedung dan rumah warga yang sudah terbakar.

Dengan adanya kebakaran ini membuat jalur utama yang menjadi penghubung wilayah utara dan selatan California menjadi ditutup. Dari keterangan Kepala dinas pemadam kebakaran wilayah Carlsbad, San Diego, Michael Davis terungkap bahwa ada sekitar 15 bangunan terbakar dan ada sekitar tiga rumah warga yang hancur terbakar.

Seperti yang dikutip dari AFP, Kamis (15/5/2014), dari keterangan seorang saksi mata, Ryan Marble kepada surat kabar Los Angeles Times bahwa di langit seperti ada api disertai dengan angin yang terus berputar.

Pada selasa (13/5) pemerintah setempat menginstruksikan 2 ribu warganya untuk segera meninggalkan rumahnya. Hal ini juga diberlakukan di sekitar kompleks pembangkit listrik tenaga nuklir, markas militer serta taman hiburan Legoland setempat.

Tercatat titik api kembali muncul pada Rabu (14/5), termasuk didalamnya di markas Camp Pendleton, yang ada diantara Los Angeles dan San Diego. Selain itu gudang senjata, kompek perumahan militer serta sekolah yang ada disekitar wilayah tersebut telah dievakuasi.

Bahkan puluhan staf yang ada di pembangkit listrik tenaga nuklir San Onofre juga tak luput dievakuasi. Sebagai informasi bahwa memang wilayah California serta wilayah AS yang lainnya terutama di bagian barat sering dilanda kebakaran hutan. Terlebih lagi ketika musim panas dan musim gugur tiba. Namun untuk tahun ini, sepertinya kebakaran hutan berlangsung lebih awal dengan dampak wilayah yang cukup lebih luas. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)