Jadwal & Prediksi Genoa VS RomaGenoa – Pasukan ibukota, AS Roma, akan melawat ke Stadio Luigi Ferraris untuk melawan Genoa sang tuan rumah, dalam laga pekan terakhir Serie A Italia musim ini, yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu 18 Mei 2014, pukul 20.00 WIB. Dan seperti dilansir dari Football Italia (Minggu, 18/5/2014), keduanya akan bertemu dengan tanpa beban.

Musim ini merupakan musim yang mengecewakan bagi Genoa. Meski berhasil memperoleh posisi yang aman dari degradasi, Genoa seakan tak berbuat banyak setelahnya. Sejak menang 2-0 dari Lazio, mereka hanya mampu merebut dua poin dari tujuh pertandingan yang telah dijalaninya.

Pelatih Gian Piero Gasperini tentu sangat tidak puas dengan hasil ini. Pun demikian dirinya tetap mengatakan bahwa seluruh pemainnya telah bermain semaksimal mungkin di tiap laga yang mereka jalani musim ini.

Kembalinya Gasperini ke Grifone memang sangat fundamental terhadap perjalanan Genoa saat ini. Di tangan Gasperini, Genoa bisa lolos dari zona merah lebih cepat dari yang diharapkan, dan mampu memaksimalkan potensi pemain. Meski hasil kurang baik di akhir musim ini, Gasperini tetap menghimbau kepada fans bahwa jika mereka memang mengaku pendukung Genoa, maka harusnya mereka mendukung Genoa sampai garis finis, artinya, mereka harus datang mendukung laga melawan Roma ini.

Untuk Roma, musim ini merupakan musim yang diluar ekspektasi publik. Tahun pertama kepelatihan Rudi Garcia telah merevolusi gaya bermain Giallorosi, dan hasilnya adalah pengukuhan peringkat kedua Serie A. Tak terkejar oleh peringkat ketiga, Napoli.
Klub ibukota ini telah dianggap sebagai klub dengan pertahanan dan serangan terbaik kedua, tentunya setelah sang juara, Juventus. Mereka pun siap bertempur di level Liga Champions musim depan. Pemain bertahan Mehdi Benatia dan pemain tengah Kevin Strootman telah mendapatkan perhatian dari dunia bola Eropa.

Raihan 85 poin Roma di tahun lain mungkin bisa mengantarkan mereka meraih Scudetto. Di sini, Juventus-lah yang ‘kelewat’ hebat, dengan mengoleksi 99 poin, dan seakan tak tergoyahkan oleh ancaman apapun dari dalam negeri.

Menjamu Roma, Genoa tak akan diperkuat oleh banyak pilarnya. Striker Alberto Gilardino dan pemain tengah Luca Antonelli terkena suspensi kartu, Giovanni Marchese, Andrea Bertolacci, Paolo De Ceglie, dan Isaac Cofie pun harus absen karena cedera. Sementara Roma, harus kehilangan Mehdi Benatia, Kevin Strootman, dan Federico Balzaretti karena cedera.

Laga ini merupakan laga ‘nothing to lose’ bagi kedua tim. Namun melihat performa sepanjang musim ini, wajar bila laga ini diprediksi bakal dimenangkan oleh AS Roma. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)