Spesifikasi dan Harga BlackBerry Z3, Disambut Baik di IndonesiaJakarta – BlackBerry Z3 telah memperoleh hasil yang manis di awal peluncurannya di Indonesia. Dan seperti dilansir dari Phone Arena (Minggu, 18/5/2014), smartphone dari BlackBerry yang pertama kali muncul bersama Foxconn, sebagai bagian dari kontrak lima tahunnya, telah terjual habis di Jakarta.

BlackBerry yang sempat menggunakan media televise untuk mempromosikan Z3 telah mengubah Mall Central Park menjadi toko BlackBerry Z3 raksasa. Dalam event peluncuran tersebut, pihak BlackBerry bahkan memasang sebuah penghitung, untuk menghitung berapa banyak Z3 yang terjual hari itu, tepatnya Minggu 18 Mei 2014 kemarin. Sampai acara ditutup, lebih dari 1250 unit telah terjual.

Dibawah kontrak antara BlackBerry dan Foxconn, pihak Foxconn bertugas mendesain, memproduksi, dan menjual Z3, yang masuk ke dalam produk entry-level alias produk pendatang baru, untuk pasar-pasar berkembang seperti Indonesia. Dalam kontrak tadi, BlackBerry kebagian untuk menginstallkan operating system dan pemberian nama produk.

CEO BlackBerry, John Chen, mengatakan bahwa BlackBerry Z3 muncul dalam empat model, termasuk di antaranya BlackBerry Classic. Z3 memiliki layar 5,0-inchi 540 x 960pixel, prosesor Qualcomm Snapdragon 400 dual-core 1,2 GHz, internal storage 8Gb yang dapat diperbesar dengan microSD sampai 32GB, RAM sebesar 1,5 GB, kamera depan 1,1 megapixel, kamera utama (belakang) 5 megapixel dengan LED flash, dan baterai Li-ion non-removable 2500 mAh. BlackBerry Z3 ditawarkan dengan harga Rp 2.199.000.

Adapun pihak BlackBerry terus berharap bahwa hasil manis Z3 di awal peluncurannya ini tak akan berakhir seperti Z10 dan Q10. Kedua produk tersebut sempat memperoleh penjualan yang cukup besar di awal-awal peluncurannya, namun pada akhir 2013, BlackBerry terpaksa harus ‘membersihkan’ sejumlah besar unit Z10 dan Q10 dari gudang mereka karena begitu buruknya penjualan kedua produk tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)