Pangeran Charles Katakan Putin Serupa Dengan HitlerLondon – Pernyataan mengejutkan dan kontroversial telah diluncurkan oleh seorang anggota keluarga Kerajaan Inggris, yakni Pangeran Charles. Seperti dilansir dari Independent (Rabu, 21/5/2014), menurut Pangeran Charles, apa yang telah diperbuat oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah menyerupai Adolf Hitler, pemimpin Nazi yang menyebabkan meletusnya Perang Dunia II.

Pernyataan Pangeran Charles ini disampaikannya kepada mantan korban Nazi, yakni Marienne Ferguson. Pertemuan antara Ferguson dengan Pangeran Charles ini merupakan salah satu agenda perayaan penghormatan atas veteran Perang Dunia II, dan keluarganya.

Ferguson sendiri mengakui terkejut mendengar pernyataan Pangeran Charles tersebut. Dia berpikir bahwa seharusnya anggota Kerajaan Inggris tidak mengeluarkan komentar dan pernyataan kontroversial semacam itu.

Maksud pernyataan Pangeran Charles ini tentu terkait dengan krisis yang sedang terjadi di wilayah timur Ukraina, serta aneksasi Crimea dari Ukraina ke tangan Rusia. Pihak Rusia, dalam hal ini pihak Putin, dikatakan berada di balik ketegangan yang berlarut-larut antara kelompok separatis pro-Rusia dengan pasukan Pemerintah Ukraina. Imej buruk Putin semakin menjadi-jadi dengan adanya penimbunan pasukan militer Rusia di perbatasannya dengan Ukraina.

Meski pihak Rusia mengatakan bahwa mereka tidak ada maksud untuk menginvasi Ukraina, toh, beberapa kota di timur Ukraina tetap bersikeras ingin memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung bersama Federasi Rusia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)