27 Orang Polisi Aghanistan Diculik TalibanKabul – Taliban kembali beraksi, kali ini mereka melakukan penculikan 27 orang polisi Aghanistan. Seperti dilansir dari Associated Press (Kamis, 22/5/2014), aksi penculikan Taliban ini diduga bagian dari upaya kelompok militan tersebut untuk mengacaukan keamanan Aghanistan, menyambut program penarikan penuh pasukan keamanan koalisi dari negara asing di sana.

Kepala Kepolisian Provinsi Badakhshan, Jenderal Fazeluddin Ayar, mengatakan kepada pers bahwa 27 orang petugas kepolisian diculik ketika mereka sedang bersembunyi dari serangan Taliban, di sebuah di Distrik Yamgan. Polisi-polisi itu kini disekap dan disandera, dan kini pihak kepolisian setempat tengah menjalankan operasi pencarian.

Jenderal Ayar menjelaskan bahwa pada rabu kemarin (21/5), Taliban menyerang beberapa pos polisi di wilayah Badakhshan. Akibat serangan tersebut, enam orang polisi dilaporkan meninggal dunia, dan lima orang anggota Taliban juga tewas.

Meski pasukan bantuan telah dikirimkan ke wilayah ‘pertempuran’ tersebut, akhirnya polisi tetap dipaksa mundur. Pertempuran berlanjut ke wilayah pegunungan dan berakhir pada penculikan tadi.

Polisi sempat menerbangkan helikopter untuk melakukan penyisiran di sekitar wilayah pegunungan. Namun sampai saat ini, mereka belum mendapatkan hasil.

Usai penculikan, Taliban pun ‘secara resmi’ mengaku bertanggungjawab atas serangn tersebut. Pihak kepolisian harus segera membebaskan 27 orang anggotanya tadi, karena Taliban dikenal seringkali mengeksekusi mati pasukan keamanan yang berhasil mereka tangkap, dalam waktu yang tidak terlalu lama. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)