Hasil Piala Thomas 2014 : Indonesia Dikandaskan Malaysia di Semifinal

Dionysius Hayom Rumbaka
(Foto dari : ANTARA/Ismar Patrizki)

New Delhi – Langkah tim putra Indonesia akhirnya terhenti di fase semifinal Piala Thomas setelah kalah dari Malaysia 0-3 dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Siri Fort (Jumat, 23/5/2014). Dalam partai ketiga, Dionysius Hayom Rumbaka tak mampu menyelamatkan Indonesia dari kekalahan setelah dikalahkan Wei Feng Chong dalam dua set langsung, 10-21, 17-21.

Menurut laporan yang dihimpun redaksi Harian Indo (Sabtu, 24/5/20140), pada game pertama Hayom bermain kurang tenang dan langsung tertinggal jauh 6-15. Hayom tak mampu keluar dari tekanan hingga akhirnya drop shot Chong tak bisa dikembalikan Hayom dengan sempurna dan menyangkut net, memastikan game point untuk Chong 21-10. Pada game kedua Hayom bolak-balik melakukan kesalahan dan terus kewalahan hinggan akhirnya menyerah 17-21.

Dalam partai pertama, pebulu tangkis putra nomor satu Indonesia, Tommy Sugiarto, dipaksa mengakui keunggulan Lee Chong Wei, yang merupakan pemain tunggal putra nomor satu dunia, dalam dua set langsung 19-21, 13-21.

Sementara dalam partai kedua kejutan terjadi setelah pasangan ganda Indonesia yang merupakan ganda putra peringkat satu dunia, Hendra Setyawan/Mohammad Ahsan takluk dari pasangan Boon Heong Tan/Thien How Hoon, lewat rubber game yang berkesudahan dengan 19-21, 21-8, 21-23.

Lolosnya tim putra Malaysia ke final Piala Thomas merupakan yang pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir. Sementara tersingkirnya tim putra Indonesia di semifinal Piala Thomas seakan melengkapi kegagalan Indonesia di ajang Piala Thomas/Uber tahun ini. Sebelumnya tim putri Indonesia telah tersingkir lebih dulu di fase perempat final dari tuan rumah, India. (Choirul Anam – www.harianindo.com)