Film Turki “Winter Sleep” Raih Palme d’Or di Festival Film Cannes

Nuri Bilge Cylan
(Foto dari BBC)

Cannes – Puncak Festival Film Cannes ke-67 yang berlangsung Sabtu (24/5) malam waktu setempat diakhiri dengan acara penganugerahan untuk pelaku industri film dari seluruh dunia. Film Turki yang berjudul “Winter Sleep” besutan Nuri Bilge Cylan meraih penghargaan Palme d’Or, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam Festival Film Cannes. Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 24/5/2014), ini merupakan penghargaan tertinggi pertama yang diraih industri film Turki di ajang Festival Film Cannes sejak tahun 1982, kala itu “Yol” yang disutradarai Yilmaz Guney berbagi penghargaan dengan film “Missing” besutan Costa Gavras.

Caylan, yang merupakan sutradara “Winter Sleep”, mendedikasikan penghargaan tersebut untuk seluruh pemuda Turki dan untuk mereka yang kehilangan nyawa dalam kerusuhan Turki tahun lalu. Film “Winter Sleep” sendiri merupakan film drama keluarga berdurasi 3 jam 16 menit yang bercerita tentang sebuah keluarga yang dalam pelarian di daerah pegunungan Turki. Film yang sangat menyentuh, bercerita tentang kehidupan dan kematian, baik dan jahat dari sudut pandang sang sutradara.

Sementara untuk penghargaan Grand Prix festival diraih film Italia “Wonders” yang digarap sutradara muda Alice Rohrwacher. Penghargaan sutradara terbaik jatuh ke tangan sutradara dari Amerika Serikat, Benneth Miller, yang meraih penghargaan berkat film “Fox Catcher”.

Kategori skenario terbaik diberikan untuk penulis Rusia, Andrei Zvyagintsev dan Oleg Negin, untuk film “Leviathan”. Sementara penghargaan kategori Jury Prize jadi milik pasangan asal Kanada, Mommy Xavier Dolan dan French Goodbye, untuk “Language Jean-Luc Godard”.

Sedangkan penghargaan aktor jadi milik aktor asal Inggris, Timothy Spall, yang bermain dalam film “Mr. Turner”, dan penghargaan aktris terbaik diraih Julianne Moore, aktris asal Amerika, untuk film “Maps to the Stars Canada”. (Choirul Anam – www.harianindo.com)