Nobar Final Liga Champions di Nigeria Diwarnai Aksi Bom Mobil Bunuh DiriJos – Aksi kekerasan dan terorisme di Nigeria masih berlanjut, kali ini sebuah bom bunuh diri terjadi di acara ‘nonton bareng’ pertandingan Final Liga Champions Eropa, antara Real Madrid melawan Atletico Madrid. Seperti dilansir dari Reuters (Minggu, 25/5/2014), bom bunuh diri yang meletus di Kota Jos tersebut menewaskan tiga orang.

Serangan bom bunuh diri terjadi pada Sabtu, 24 Mei 2014, di tengah keramaian penonton nobar Final Liga Champions Eropa. Acara yang biasanya identik dengan keceriaan, sorak-sorai pendukung Real Madrid atau Atletico Madrid berubah menjadi histeria massal. Meski telah menewaskan tiga orang, sebenarnya bom bunuh diri tersebut belum mencapai targetnya, yakni kerumunan penonton yang lebih banyak di tengah lokasi nobar.

Seorang wartawan yang juga menjadi saksi kejadian, Mohammed Shittu, mengatakan bahwa pelaku pemboman mengendarai sebuah mobil dan mendekati Centre, lokasi nobar Final Champions Eropa tersebut. Namun sebelum sempat mendekat lebih jauh, mobil tersebut lebih dulu meledak.

Nigeria telah mengalami serentetan aksi kekerasan, pembunuhan, penculikan, dan pemboman. Ratusan warga sipil telah menjadi korban dalam aksi-aksi tersebut hanya di tahun 2014 saja. Kota Jos sendiri sempat diserang oleh ledakan bom yang menewaskan hingga 118 orang. Dan meski belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab, tuduhan kuat diarahkan kepada kelompok militan Boko Haram. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)