Mario Kart 8 Bantu Tingkatkan Penjualan Hardware Wii U di Inggris Raya

Mario Kart 8 Bundle.
(Sumber foto: Nintendo)

London – Perusahaan periset pasar entertainment di Inggris Raya, GFK Chart-Track, telah mengumumkan bahwa perilisan Mario Kart 8 pada Jumat kemarin (30/5) telah membantu meningkatkan penjualan mesin konsol Wii U. Seperti dilansir dari Gamespot (Senin, 2/6/2014), penjualan konsol keluaran Nintendo tersebut meningkat hingga 666 persen. Sebuah angka peningkatan yang luar biasa masif.

Nilai spesifik dari ledakan penjualan ini belum dirilis oleh GFK Chart-Track. Mereka juga mencatat bahwa 82 persen dari penjualan game Mario Kart 8 berasal dari paket/bundle Mario Kart 8 + Wii U, yakni sebuah paket penjualan Wii U berbonus game Mario kart 8, dengan harga yang relatif lebih miring dibanding membeli keduanya secara terpisah. Sebagai tambahan, Mario Kart 8 mencatatkan rekor penjualan terbaik di minggu pertama rilisnya untuk game apapun di Wii U sejak konsol next-gen tersebut rilis di Inggris Raya pada 2012 lalu.

Secara umum, Mario Kart 8 sebenarnya masih berada di peringkat kedua game terlaris dalam seminggu terakhir di Inggris Raya. Game keluaran Ubisoft, Watch Dog, menempati urutan pertama, sekaligus menjadi game Ubisoft dengan penjualan tercepat sepanjang sejarah pengembang game tersebut. Watch Dog sendiri dirilis untuk lima konsol sekaligus, Xbox 360, Xbox One, PS3, PS4, dan PC. Mengingat Mario Kart 8 hanya eksklusif untuk Wii U namun menduduki peringkat kedua, capaian tersebut tentu tidak main-main.

Telah diketahui bahwa Nintendo sedang galau akibat penjualan Wii U yang demikian lemah. Mereka bahkan diisukan memikirkan opsi untuk tidak lagi membuat konsol, namun hanya membuat game, seperti halnya Sega. Namun demikian, keyakinan Nintendo tampaknya akan segera terwujud. Sebelumnya, pihak Nintendo pernah mengatakan bahwa satu judul game saja dapat merubah takdir konsol Wii U. Apakah Mario Kart 8 merupakan game yang dimaksud? (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)