Sony Stop Produksi Playstation Portable?Tokyo – Sony Corp dikabarkan akan menghentikan dukungan dan produksi dari konsol handheld Playstation Portable (PSP). Seperti dilansir dari Japanese Station (Rabu, 4/6/2014), perusahaan hiburan dan elektronik Jepang ini telah mendukung pengembangan PSP selama 10 tahun lamanya. Kini Sony berencana untuk fokus pada penerus PSP atau bisa dibilang generasi terbaru, Playstation Vita (PS Vita).

Melalui juru bicaranya, Sony yang berbasis di ibukota Jepang, Tokyo, menyebutkan jika proses penghentian dukungan pada PSP akan dilakukan secara bertahap. Pengiriman PSP ke Amerika Utara akan diakhiri pada bulan Januari lalu sementara untuk Jepang pada akhir bulan Juni ini dan Eropa pada penghujung tahun 2014.

Penghentian ini dilakukan karena Sony dilaporkan mengalami kerugian sebesar lebih dari 1 miliar USD pada tahun fiskal tahun lalu akibat PS yang kalah saing dengan popularitas smartphone serta perangkat lainnya.

PSP lansiran Sony telah terjual sebanyak 76 juta unit sejak peluncurannya pada Desember 2004 silam. Lahirnya PSP kala itu langsung mengakhiri dominasi Nintendo dengan Gameboynya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)