Macan Diesel Belum Diboyong ke IndonesiaJakarta – Memang Porche Macan telah resmi diboyong di Indonesia. Dengan memiliki tiga varian yaitu Macan, Macan S dan Macan Turbo, masing-masing memiliki jantung mekanis sendiri-sendiri.

Untuk diketahui bahwa Porsche Macan memiliki mesin 2.0 liter empat silinder, sedangkan untuk macan S menggunakan jantung mekanis 3.0 liter V6, dan Macan Turbo yang tergolong jenis varian tertinggi dibenamkan mesin 3.6 liter V6.

Untuk Negara asalnya, memang Porsche Macam tidak menggunakan mesin bensin, justru Macan S menggunakan, mesin diesel dengan memiliki kapasitas mesin 3.000 cc V6. Sayangnya dari pihak PT Eurokars Artha Utama yang menjadi pemegang distributor resmi Porsche tidak memboyongnya ke Indonesia.

Diungkapkan oleh Salman Farouk Al Hakim, sebagai PR Manager Porsche Indonesia bahwa alasan untuk tidak memboyong Macan Diesel dikarenakan solar yang ada di Indonesia memiliki standar yang berbeda dengan yang disarankan oleh pihak pabrikan Porsche.

Seusai peluncuran Porsche Macan di Jakarta, Kamis (5/6/2014), Salman membenarkan bahwa untuk Indonesia masih menggunakan Euro 2, padahal standar yang digunakan adalah Euro 6. Dengan demikian jika principal memiliki keinginan mengembangkan mesin diesel yang diperuntukkan bagi Asia, tentunya akan menurunkan kualitas mesin dari mobil itu sendiri.

Sayangnya sampai saat ini belum ada pembicaraan yang serius terkait pengembangan tersebut. (Choirul Anam – www.harianindo.com)