Sami Hyypia Resmi Diangkat Jadi Manajer Brighton & Hove AlbionBrighton – Sami Hyypia, mantan pelatih Bayer Leverkusen dan bek tengah Liverpool, dikabarkan akan kembali menjalani karir di Inggris dengan peran barunya setelah resmi ditunjuk menjadi manajer baru klub Divisi Championship, Brighton & Hove Albion. Seperti dilansir dari FourFourTwo (Jumat, 6/6/2014), Sami Hyypia akan mengisi posisi yang ditinggalkan Oscar Garcia yang memutuskan mundur dari jabatannya setelah Brighton & Hove Albion tumbang dari Derby County di fase semi-final babak play-off untuk promosi ke Liga Primer Inggris.

Hyypia yang sebelumnya dipecat oleh Bayer Leverkusen di awal April lalu, akan menangani klub divisi Championship Inggris tersebut dengan durasi kontrak selama tiga tahun. Dengan kata lain, pelatih berusia 40 tahun tersebut akan kembali berkarir di Inggris, setelah dulu saat masih berstatus sebagai pemain pernah menjadi pilar pertahanan Liverpool selama satu dekade dari 1999-2009.

Hyypia mengungkapkan kegembiraan atas penunjukan dirinya menjadi manajer baru Brighton & Hove Albion, karena menurutnya klub ini merupakan klub yang penuh ambisi dan dirinya siap untuk melaksanakan tantangan baru untuk membawa klub ke level lebih tinggi musim depan.

Pemilik The Seagulls, Tony Bloom, juga mengaku senang atas keberhasilan klub mendatangkan pelatih sekelas Hyypia. Ia berharap agar manajer berkebangsaan Finlandia tersebut dapat mengantar Brighton promosi ke kasta Liga Primer Inggris musim depan, setelah pada musim lalu hanya mampu finis di posisi enam klasemen akhir Divisi Championship dan takluk di babak play-off. (Choirul Anam – www.harianindo.com)