Calon Presiden Afghanistan Selamat dari Serangan Bom

(sumber foto: Reuters)

Kabul – Seorang calon presiden Afghanistan, Abdullah Abdullah, dikabarkan berhasil lolos dari serangan bom bunuh diri yang ditujukan padanya. Seperti dilansir dari BBC (Jumat, 6/5/2014), bom bunuh diri tersebut ditargetkan kepada Abdullah bersama konvoi kampanye-nya di Kabul.

Pihak polisi melaporkan bahwa enam orang terbunuh dalam serangan ini, termasuk seorang bodyguard Abdullah. Selain itu, 22 orang juga mengalami luka-luka. Korban meninggal dan luka-luka berasal dari warga sipil dan petugas kepolisian. Abdullah, yang akhirnya muncul di TV nasional, menyatakan bahwa dirinya baik-baik saja.

Serangan ini merupakan serangan yang pertama ditujukan kepada kandidat pemilu presiden di Afghanistan. Dalam insiden ini, terjadi dua kali ledakan. Ledakan pertama merupakan sebuah bom bunuh diri menggunakan mobil. Sementara itu, ledakan kedua berupa sebuah bom yang masih diselidiki jenisnya.

Menurut kepolisian, kronologis kejadian dimulai saat Abdullah meninggalkan acara kampanye terbuka di sebuah gedung pernikahan. Tak terlalu jauh dari gedung tersebut, dua ledakan tersebut pun terjadi. Saksi mata mengatakan bahwa terjadi kepanikan di sekitar lokasi kejadian.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab atas serangan ini. Namun demikian, beberapa waktu lalu kelompok militan Taliban telah mengancam akan mengganggu jalannya pemilu di Afghanistan. Dengan ancaman tersebut, maka tentu saja tuduhan terkuat diarahkan kepada kelompok tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)