Hillary Masih Bungkam Terkait Pencalonannya di Pemilu 2016Washington – Hillary Clinton memang sering dikaitkan dengan pencalonan dirinya pada pemilu Amerika Serikat 2016 nanti. Sayangnya sampai saat ini mantan Ibu Negara AS ini masih belum memastikan pencalonan dirinya dan berencana mengumumkannya di akhir tahun 2014 ini.

Seperti yang dilansir dari AFP, Senin (9/6/2014), ketika diwawancarai oleh sebuah stasiun televise ABC, Hillary membenarkan bahwa keputusannya maju Pilpres baru akan diumumkan pada akhir tahun.

Memang pernyataan dari Hillary ini muncul ketika ia sedang tur di wilayah AS dalam rangka peluncuran bukunya yang memiliki judul ‘Hard Choices’. Namun dari Hillary sendiri mengungkapkan bahwa ia saat ini hanya ingin fokus untuk peluncuran bukunya dahulu.

Memang dari apa yang diungkapkan oleh Hillary ini tidak memberikan kejelasan apakah ia ingin maju lagi dalam Pemilu 2016 atau tidak. Namun banyak orang menilai bahwa tur yang dilakukan oleh Hillary ini menjadi awalan atas pencalonannya sebagai Presiden AS untuk periode yang akan datang.

Rencananya pada 10 Juni nanti, buku Hillary akan resmi diiluncurkan dan pada awal minggu ini akan mulai tur mempromosikannya. Sepertinya kegiatan ini dipandang menjadi kesempatan untuk pencitraan atas pencalonan Hillary di tahun 2016.

Sebagaimana yang diketahui bahwa di tahun 2008 lalu, Hillary telah kalah dari Obama atas pencalonan Presiden yang berasal dari Partai Republik. Dikarenakan untuk saat ini Obama sudah menjadi Presiden dalam dua oeriode maka nama Hillary diprediksi akan menjadi kandidat capres yang akan diusung oleh Partai Demokrat.

Walaupun demikian, Hillary sama sekali tidak memberikan penjelasan terkait rencana pencalonannya tersebut. Namun dengan hati-hati Hillary menjawab soal pencapresannya walaupun ia sendiri tidak membantah ataupun memberikan penjelasan yang jelas. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)