Mozilla Siap Rilis Smartphone Murah di Indonesia dan IndiaCalifornia – Kabar gembira hadir untuk Indonesia dan India setelah Mozilla dikabarkan siap merilis smartphone dengan harga murah-meriah yang dibanderol USD 25 atau setara dengan sekitar Rp. 300 ribu. Seperti dilansir dari Digital Trends (Rabu, 11/6/2014), smartphone tersebut nantinya bakal dilengkapi dengan OS Firefox dan prosesor Spreadtrum dan hanya dengan harga hanya USD 25 tentunya akan sangat terjangkau bagi yang memiliki kemampuan financial pas-pasan tapi penasaran menggunakan smartphone.

Akan tetapi jangan terlalu berharap banyak pada smartphone keluaran Mozilla ini, karena hadir dengan harga yang amat terjangkau maka kualitas yang dihadirkan pun pasti tidak mentereng, Firefox phone ini nantinya bakal tetap bisa menjalankan esensi dari smartphone pada umumnya, namun dengan keterbatasan hanya mampu menjalankan beberapa aplikasi tertentu.

Smartphone murah ini hadir berkat kerjasama Firefox dengan dua perusahaan asal India, Intex dan Spice, yang rencananya segera merilis Firefox phone dalam beberapa bulan ke depan. Sanjay Kumar Kalirona, selaku Head of Mobile dari Intex Technologies, mengkonfirmasi kerjasama yang telah terjalin dengan Mozilla yang akan segera merilis Firefox phone dengan harga terjangkau di India dan Indonesia. Sementara itu Dilip Modi, Co-Founder dan CEO dari Spice, mengungkapkan bahwa Firefox Phone akan meningkatkan penggunaan teknologi smartphone, khususnya di India yang tingkat kemampuan ekonomi masyarakatnya tidak terlalu tinggi.

Walaupun nantinya smartphone keluaran Mozilla ini tidak akan se-powerful kompetitor lainnya, bahkan dengan smartphone low-cost Android , tapi urusan harga murah belum ada yang mampu mengalahkan smartphone Mozilla satu ini. Sebelumnya Mozilla sempat merilis smartphone dengan harga hanya USD 60 di Amerika Serikat dan Eropa, namun tidak mendapat respon penjualan yang diharapkan. Oleh karena itu tampaknya Mozilla memutuskan menggeser segmen pasar mereka ke India dan Indonesia dengan memotong harga awal lebih dari 50% menjadi hanya USD 25. Nantinya Mozilla juga akan merilis produk smartphone ini di China. Ya, dengan target pasar India, Indonesia dan China mungkin smartphone murah keluaran Mozilla ini akan lebih diterima. (Choirul Anam – www.harianindo.com)