Hasil Piala Dunia: Belanda Hancurkan Juara Bertahan SpanyolBahia – Fantastis. Itulah satu kata yang menggambarkan permainan Timnas Belanda kala menghancurkan juara bertahan Spanyol beberapa waktu yang lalu. Seperti dilansir dari The Sidney Morning Herald (Sabtu, 14/6/2014), tim besutan Louis van Gaal mampu membalaskan kekalahan di final edisi 2010 dengan membantai La Furia Roja dengan telak. 5-1.

Pertandingan pembuka Grup B yang dilakukan di Arena Fonte Nova di kota Bahia ini diwarnai dengan permainan tempo cepat dan intensitas serangan yang tinggi. Spanyol yang tetap menggunakan Tiki-Takanya terlihat lebih menguasai ball possesion sementara Belanda sesekali mengancam lewat serangan balik. Belanda yang bermain agak keras mendapatkan hukuman penalti dari wasit ketika Diego Costa dilanggar di kotak penalti. Xabi Alonso yang ditunjuk sebagai eksutor pun membuat Spanyol unggul 1-0 di menit 27.

Belanda yang tertinggal satu gol langsung mencoba meningkatkan serangan. Usaha Tim Oranje baru terbayar di menit 44 ketika Robin van Persie membuat gol cantik dari sebuah sundulan setelah menerima umpan lambung dari Daley Blind. Babak pertama pun berakhir sama kuat 1-1.

Jika berkaca dari babak pertama. Tak seorangpun yang akan menyangka jika di babak kedua Belanda akan membantai Spanyol. Pesta gol Belanda di babak kedua dimulai di menit 53 melalui Arjen Robben yang mengecoh pemain bertahan Spanyol. Blind lagi-lagi jadi pemberi assist. 2-1.

Sebelas menit berselang Stefan de Vrij membuat gol dari skema bola mati. Unggul dengan tiga gol membuat Belanda menjadi lebih percaya diri. Van Persie pun kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 72. Robben juga menyusul mencetak bracenya beberapa saat kemudian. Dunia pun dibuat tercengang ketika wasit meniup peluit panjang dengan hasil di papan skor, Belanda 5, Spanyol 1. (Choirul Anam – www.harianindo.com)